Tentang

Tentang saya, motivasi serta latar belakang di balik pembuatan blog ini, dan hal-hal yang menjadi perhatian saya.

Saya Gusti Yoshi, seorang SEO Specialist. Saat ini saya bekerja di Techarea.

Saya melakukan riset, perencanaan, dan optimisasi konten di website Techarea. Kini Techarea telah menjadi salah satu software house dengan trafik tertinggi di Indonesia.

Melalui blog ini, saya bermaksud untuk berbagi segala pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik terkait SEO. Saya ingin mengajak para pembaca blog ini beranjak dari Search Engine Optimization menuju Search(er) Experience Optimization.

Saya terbuka terhadap berbagai upaya untuk menciptakan hal-hal yang bermanfaat melalui internet, tidak hanya terbatas pada SEO. Saya memilih SEO karena itu merupakan salah satu cara untuk menjaga agar ekosistem web tetap terbuka.

Saya percaya bahwa web harus dapat diakses dengan mudah dan bebas, memiliki diversifikasi konten, dan menjadi tempat bagi Anda untuk berkarya di platform sendiri. Platform di mana Anda dapat mempublikasikan karya dari domain Anda sendiri dan memiliki kontrol penuh atas karya Anda.

Motivasi dan latar belakang

Alasan dan faktor-faktor yang mendorong saya untuk membuat blog ini.

1. Race to the bottom

Sejak kenal SEO hingga sekarang, saya merasa diskursus SEO di Indonesia belum beranjak ke level yang lebih tinggi. Forum-forum SEO yang saya temui masih bekutat pada kendala teknis dan praktik-praktik SEO yang membawa kita ke perlombaan ke level rendah (race to the bottom).

Sedikit sekali diskursus terkait strategi, studi kasus, atau kisah sukses. Untuk itu saya ingin mendorong diskursus SEO Indonesia menuju level yang lebih tinggi dengan bebagi riset, analisa, opini, dan gagasan saya melalui blog ini.

2. Peran AI

Google secara rutin melakukan pembaruan algoritma untuk memperbaiki kualitas hasil pencarian. Google juga memperkenalkan kemampuan pencarian baru seperti pengenalan suara dan gambar. Namun, pembaruan algoritma dan kemampuan baru itu belum bisa mengubah perilaku orang yang melakukan pencarian di web secara fundamental.

Hingga Microsoft memperkenalkan Bing Chat (sekarang Microsoft Copilot), pencarian yang diberdayakan AI. Lalu Google mengikuti dengan Search Generative Experience. Meski terlalu dini untuk menyimpulkan dampaknya, menurut saya, penerapan AI dapat mengubah perilaku orang yang melakukan pencarian di web secara fundamental.

3. Kasus Monopoli

Pada tahun 2023, pemerintah AS menuntut Google dengan tuduhan serius terkait monopoli, dan kasus ini masih dalam proses persidangan. Pengadilan diperkirakan akan memberikan putusan paling cepat pada awal tahun 2024. Jika Google terbukti bersalah, kemungkinan besar ini akan berdampak pada dominasi Google Search.

Hal-hal yang menjadi perhatian saya

Saya tertarik dalam usaha menciptakan ekosistem web yang terbuka, dapat diakses oleh semua orang, dengan kecepatan akses tinggi, dan mendorong setiap kreator untuk menerbitkan kontennya dengan menggunakan domainnya sendiri.

  • Open web. Web yang terbuka dan dapat diakses dengan bebas, tanpa batasan, tanpa platform locked-in.
  • Accessible web. Web yang dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.
  • Content Diversification. Web dengan konten yang beragam, tidak monoton, tidak melulu mengikuti apa yang sedang tren.
  • High-performance web. Web yang tetap dapat diakses dengan cepat dari perangkat berspesifikasi rendah, dengan kecepatan internet yang lambat.
  • Publish on your own domain. Memiliki kendali penuh atas karya dan identitas online.

Jika hal-hal di atas juga menjadi perhatian Anda, saya akan dengan senang hati turut berkontribusi.

Kontak

Cara terbaik menghubungi saya adalah melalui email. Saya membalas semua email dalam waktu 24 jam. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait SEO atau sekadar ingin menyapa saya, silakan kirimkan pesan Anda ke [email protected].