Stack

Susunan teknologi yang saya gunakan untuk membangun blog ini dan daftar layanan pihak ketiga yang saya pilih untuk membuat blog ini online.

Vultr. Blog ini di-host di Vultr menggunakan teknologi LEMP stack yang dipercepat dengan sistem cache, baik di database maupun di web server. Saya memilih VPS dari Vultr karena simpel, mudah digunakan, cepat, dan memiliki tingkat uptime yang tinggi.

  • Ubuntu. Sistem operasi Linux yang populer, aktif dikembangkan, dan memiliki versi LTS.
  • Nginx. Web server ringan, tidak membutuhkan RAM besar, dan dapat melayani ribuan HTTP request per detik.
  • Varnish Cache. Semua HTTP request dilayani melalui Varnish Cache, meningkatkan kecepatan blog ini hingga 100x.
  • MySQL. Database relasional gratis dan open source untuk menyimpan data blog ini.
  • Redis. Untuk mempercepat pengambilan data dari MySQL.
  • PHP. Untuk memproses request, mengambil data, dan me-generate konten blog secara dinamis.

WordPress. Blog ini saya bangun menggunakan WordPress sebagai CMS dengan sedikit penyesuaian dan modifikasi. Tema blog ini menggunakan McLuhan karya Anders Norén. Beberapa plugin yang saya gunakan antara lain:

Namecheap. Saya mendaftarkan nama domain blog ini di Namecheap karena sedang ada diskon.

Cloudflare. Saya mengandalkan Cloudflare untuk menjaga performa blog ini tetap optimal dan melindungi dari serangan DDoS, brute force, dan ancaman siber lainnya.

Bunny CDN. Semua aset statis, seperti gambar, video, font, CSS, dan JavaScript dari blog ini, dikirimkan melalui 121 server jaringan pengiriman konten Bunny.net yang tersebar di 77 negara di 6 benua.

Amazon Simple Email Service. Saya menggunakan layanan pengiriman email dari Amazon Web Services untuk menangani pengiriman email dari blog ini.

Pulsetic. Uptime server blog ini dimonitor oleh Pulsetic dari 3 negara di 3 benua berbeda. Saya akan mendapatkan pemberitahuan jika server blog ini mengalami gangguan.

Google Analytics. Untuk mengetahui konten yang disukai pembaca, menemukan topik-topik baru yang relevan, dan memahami audiens blog ini lebih dalam.

The Noun Project. Logo blog ini adalah karya Gendis Studio yang saya temukan di situs stok foto dan ikon gratis, The Noun Project.